Tebu Hitam (Saccharum officinarum)

Tebu Hitam

DAFTAR ISI:

  1. Penyebaran Tanaman Tebu Hitam
  2. Nama Tanaman Tebu Hitam
  3. Agroekologi Tanaman Tebu Hitam
  4. Struktur Tanaman Tebu Hitam
  5. Budidaya Tanaman Tebu Hitam
  6. Kandungan Bahan Kimia Tanaman Tebu Hitam
  7. Khasiat Tanaman Tebu Hitam
  8. Foto Tanaman Tebu Hitam

PENYEBARAN TANAMAN

Tebu hitam menyebar ke Kepulauan Solomon dan Kaledonia Baru pada 8000 SM. Ekspansi tanaman ini ke arah timur Papua Nugini pada 6000 SM dimana tebu mulai menyebar ke Indonesia, Filipina dan India. Dari India, tebu kemudian dibawa ke China dan mulai dimanfaatkan sebagai pemanis oleh bangsa China pada tahun 475 SM. Tebu juga dapat dimanfaatkan menjadi minuman segar atau rempah dalam pembuatan minuman. Batangnya merupakan sumber serat yang baik yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat kertas.

NAMA TANAMAN


  • Nama Lokal: Tiwu (Jawa Barat), Rosan, Tebu ireng, Tebu manggis (Jawa Tengah dan Jawa Timur).
  • Nama Latin: Saccharum officinarum

AGROEKOLOGI


Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Menyukai kondisi tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Tebu sensitif terhadap aerasi yang buruk.

STRUKTUR TANAMAN (MORFOLOGI)


  1. Akar serabut, warna cokelat kehitaman.
  2. Batang lurus, beruas-ruas yang dibatasi dengan buku-buku, warna ungu gelap atau dongker dan merah tua. Warna air perasan tebu ini cokelat dan gelap. Diameter paling kecil diantara jenis tebu lainnya.
  3. Daun berbentuk memanjang seperti pita, tulang daun sejajar, berseling kanan dan kiri, berpelepah, memiliki bulu-bulu, warna hijau keunguan.
  4. Bunga berupa malai panjang 50-80 cm. Cabang bunga pada tahap pertama berupa karangan bunga dan tahap selanjutnya berupa tandan dengan dua bulir panjang 3-4 mm.
  5. Buah seperti padi, memiliki satu biji, besar lembaga ⅓ panjang biji.

BUDIDAYA


Bibit diambil dari batang tebu dengan 2-3 mata tunas yang belum tumbuh (disebut bibit stek batang/bagal). Cara lain dengan memakai pucuk batang tebu dengan dua atau lebih mata (disebut bibit stek pucuk/stopstek). 

KANDUNGAN BAHAN KIMIA


Alkaloid, flavonoid (naringenin, tricin, apigenin, luteolin), ferulic acid, cumaric acid, quercetrin, caffeic acid, ellagic acid, polifenol, tanin.

KHASIAT


meredakan jantung berdebar

  1. Cuci bersih 3 genggam akar tebu hitam.
  2. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas.
  3. Minum 2 kali sehari.

batuk

  1. Bakar 100 g batang segar tebu hitam, selama 10 menit, dinginkan.
  2. Kupas dan potong kecil-kecil lalu kunyah. Hisap sarinya dan buang ampasnya.

FOTO TANAMAN


Abiu1713841134.jpg
Adam_Hawa1713841134.jpg
Adas1713841134.jpg

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore etl dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquiex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eukip fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat

Comments (03)

User Image

Donald Chavez

21 July 2021

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisi elit, sed do eiusmod tempor incidid ut labore etl dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitati ullamco laboris nisi ut aliquiex ea commodo consequat.

Reply
User Image

Marissa Swan

21 July 2021

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisi elit, sed do eiusmod tempr incidid ut labore etl dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quisnos exercitati ullamco laboris nisi ut aliquiex.

Reply
User Image

Donald Chavez

21 July 2021

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisi elit, sed do eiusmod tempor incidid ut labore etl dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitati ullamco laboris nisi ut aliquiex ea commodo consequat.

Reply